Jumat, 30 November 2012

Bagaimanakah persepsi wisatawan terhadap daya tarik yang meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis Prawirotaman?


KATA PENGANTAR
            Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah tentang “Analisis Daya Tarik Kampung Prawirotaman ” ini tepat pada waktu yang telah ditentukan.
            Pada kesempatan ini kami ingin mengucapakan terima kasih kepada:
  1. Dosen pembimbing mata kuliah Pemasaran Jasa, Ali Hasan SE., MM  atas bimbingannya selama kuliah  berlangsung.
  2. Semua pihak yang telah ikut terlibat dalam penyusunan makalah ini.

Kami selaku penulis menyadari bahwa dalam menulis makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, sehingga kami sangat mengharapkan segala saran dan kritik yang membangun agar dalam penyusunan makalah selanjutnya dapat lebih baik lagi.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi semua dan membantu dalam proses belajar mengajar.





Yogyakarta, 22 November 2011


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang..................................................................................1
2.    Batasan Masalah..............................................................................3
3.    Rumusan Masalah............................................................................3
4.    Tujuan...............................................................................................3
BAB II KONSTRUKSI TEORITIS DAN HIPOTESIS
1.    Landasan Teori………………………………………...........................4
2.    Dukungan Riset sebelumnya…….....................................................6
3.    Hipotesis……………………..............................................................7
BAB III METODE PENELITIAN
1.    Lokasi dan Waktu Penelitian………..................................................8
2.    Populasi dan Sampel Penelitian………............................................8
3.    Variabel Penelitian……….................................................................9
4.    Pengukuran Variabel………...........................................................13
5.    Analisis Data………........................................................................15

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.    Hasil Penelitian dan Pembahasan………...……...……….…….......17

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN IMPLIKASI
      1.  Kesimpulan dan Saran Implikasi………………………..…..…..…...20
DAFTAR PUSTAKA             
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang

Salah satu ciri berkembangnya pariwisata di suatu negara adalah dengan banyaknya wisatawan asing yang masuk ke negara tersebut. Dengan adanya wisatawan asing yang masuk, maka akan terjadi pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang bertujuan untuk memfasilitasi wisatawan yang berkunjung. Salah satunya dengan pembangunan hotel sebagai sarana akomodasi.
Keberadaan hotel di suatu kawasan tentunya memberikan dampak bagi pengelola dan warga yang tinggal disekitarnya. Dampak tersebut dapat berupa dampak negatif dan dampak positif. Dampak yang dirasakan warga sekitar mungkin tidak sebesar dampak yang dirasakan pengelola, namun dampak tersebut tetap berpengaruh terhadap warga. Dengan melihat dampak positif yang didapat oleh pengelola hotel, banyak warga yang mulai berminat untuk membuka hotel atau penginapan.




Dengan banyaknya warga yang membuka jasa penginapan di kawasan yang sama, maka pilihan akomodasi bagi wisatawan pun semakin beragam. Dan lama kelamaan kawasan tersebut dipenuhi oleh penginapan. Salah satu kawasan yang berkembang dengan penginapan yang banyak adalah kampung Prawirotaman. Kampung tersebut terkenal hingga mancanegara dan sebagian besar tamu yang menginap di penginapan-penginapan tersebut adalah tamu mancanegara. Banyak tamu mancanegara yang menginap di Kampung Prawirotaman karena daerah ini sudah terkenal sejak dulu sebagai kampung turis. Citra atau daya tarik prawirotaman sebagai kampung turis membuat banyak turis lain juga tertarik untuk menginap disana karena sudah ada komunitas turis asing disana.
Maka dari itu dalam makalah ini, kami akan membahas tentang persepsi wisatawan terhadap daya tarik kampung wisata Prawirotaman.












B.   Batasan Masalah
Dalam makalah ini, kami membatasi masalah pada persepsi wisatawan terhadap daya tarik meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis Prawirotaman.


C.   Rumusan Masalah
Bagaimanakah persepsi wisatawan terhadap daya tarik yang meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis Prawirotaman?


D.   Tujuan Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi wisatawan terhadap daya tarik meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis Prawirotaman.
















BAB II
KONSTRUKSI TEORITIS DAN HIPOTESIS

A.   Landasan Teori

Desa wisata 
Adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. (Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal. 2-3)

Atraksi
Atraksi adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai yang berupa keanekaragaman, kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisata.(Jonet, 2011 : 7)

Amenitas
Amenitas merupakan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pariwisata. (Jonet, 2011 : 18)
Sarana adalah fasilitas dan perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung. (Jonet, 2011 : 19)

Prasarana adalah segala bentuk fasilitas utama, fasilitas pokok atau fasilitas paling mendasar yang mendukung sarana kepariwisataan dapat hidup dan berkembang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para wisatawan. (Jonet, 2011 : 19)


















B.   Dukungan riset sebelumnya

Studi Terhadap Kampung Wisata Prawirotaman, Yogyakarta
Oleh : Retno Kumolohadi*), Nugroho Dwi Priyohadi*), Th. Agung M. Harsiwi**)

Dari penelitian itu dapat dilihat bahwa perkembangan kampung prawirotaman dapat dikatakan sangat pesat karena aspek lokasi yang berdekatan dengan pusat kota. Kampung prawirotaman juga di untungkan dari segi historis, yaitu bekas perkampungan pengusaha batik. Pada awalnya industri batik hancur, lalu berkembang usaha guest house dan usaha penunjang pariwisata lainnya, dan pada akhirnya usaha batik tumbuh lagi sebagaia salah satu aset penting yang menjadi daya tarik kampung Prawirotaman.

















C.   Hipotesis

Persepsi yang dimiliki wisatawan terhadap kualitas daya tarik adalah salah satu faktor utama yang paling menentukan motivasi wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi wisata. Daya tarik wisata kampung Prwirotaman  yang semakin meningkat  akan membawa dampak baik yang sejalan dengan peningkatan kunjungan wisatawan di kampung wisata tersebut. Maka dari itu kami berhipotesis bahwa “Kualitas daya tarik wisata mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke kampung Prawirotaman”.





















BAB III
METODE PENELITIAN



A.   Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di kampung turis Prawirotaman, kecamatan Mergangsan, Yogyakarta dengan obyek penelitian adalah para pengunjung / wisatawan yang datang ke kampung Prawirotaman. Mengingat waktu dan dana yang terbatas, maka untuk memenuhi kebutuhan data primer sebagai data dasar dalam menganalisis, maka pengumpulan data primer dilakukan pada tanggal pada hari Jumat 11 Novemer 2011 pada pukul 09.00-14.00 WIB.


B.   Populasi dan Sampel Penelitian

1.    Populasi
Semua pengunjung / wisatawan yang datang ke kampung turis Prawirotaman pada tanggal  11 september 2011.

2.    Sampel penelitian
Sejumlah 10 wisatawan (responden) yang dipilih secara acak.





C.   Variabel Penelitian

Variabel mengandung pengertian ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lain. Pengertian lain bahwa variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang sesuatu konsep tertentu.

Dalam penelitian atraksi wisata di kampung Prawirotaman, kami menggunakan variabel sebagai berikut :

1.    Keunikan Kampung (V1)
Keunikan adalah kelangkaan, kekhasan daya tarik wisata yang tidak memiliki kesamaan karakter(Jonet : 2007)
Keunikan kampung adalah kelangkaan, kekhasaan daya tarik kampung yang tidak dimiliki kampung lain.

2.    Kebersihan (V2)
Kebersihan adalah salah satu tanda dari hygiene yang baik(wikkipedia.com).

3.    Keramahan Warga (V3)
Keramahan adalah sikap bersahabat yang ditunjukan warga setempat kepada kepada wisatawan.



4.    Kenyamanan (V4)
Kenyamanan adalah rasa dimana seseorang merasa tenang, berada di dalamnya(id.answer.yahoo.com).
5.    Galeri Seni (V5)
Galeri Seni adalah tempat yang digunakan untuk memamerkan dan menjual hasil karya seni. Kriteria yang digunakan untuk skoring meliputi kwalitas dari galeri seni tersebut.

6.    Keunikan Makanan (V6)
Keunikan adalah kelangkaan, kekhasan daya tarik wisata yang tidak memiliki kesamaan karakter(Jonet : 2007).
Keunikan makanan adalah kekhasan makanan yang tidak dapat ditemui di kampung lain yang mencerminkan kekhasan di kampung tersebut.

7.    Rasa Makanan (V7)
Kriteria dalam skoring penelitian ini meliputi lezat atau tidaknya makanan yang tersedia di kampung Prawirotaman.

8.    Pelayanan (V8)
Pelayanan adalah aktifitas manfaat yang ditawarkan oleh organisasi atau perseorangan kepada konsumen(yang dilayani), yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki (silahudin66.blogspot.com)
Kriteria dalam skoring penelitian dalam meneliti kwalitas pelayanan adalah kompetensi atau profesionalitas yang diberikan penyedia jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan di kampung prawirotaman.



9.    Keramahan Penyedia Jasa (V9)
Keramahan adalah sikap bersahabat yang ditunjukan penyedia jasa kepada kepada wisatawan.

10. Keamanan (V10)
Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya (wikkipedia).
Dalam hal ini keamanan berarti keadaan yang dibutuhkan wisatawan untuk mendukung kegiatan berwisata di kampung prawirtaman

11. Hotel (V11)
Suatu usaha yang menyediakan fasilitas penginapan dan jasa pelayanan lainnya yang dikelola secara komersial(Jonet : 2007).

12. Restoran (V12)
Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersil(Jonet : 2007).

13. Night Club (V13)
Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersil yang dibuka menjelang malam(Jonet : 2007).

14. Spa (V14)
Fasilitas tempat persinggahan sementara dengan tujuan memberikan layanan kepada wisatawan untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat(Jonet : 2007).

15. Toko Buku (V15)
Industri komersial yang menyediakan jasa penjualan buku-buku.

16. Yoga (V16)
Salah satu fasilitas kerbugaran yang terdapat dalam industri hospitlity yang memberikan terapi pelayanan prefentif melalui senam yoga.

17. Home Stay (V17)
Suatu usaha yang menyediakan fasilitas penginapan dan jasa pelayanan lainnya yang dikelola secara komersial yang memanfaatkan rumah-rumah warga sekitar.

18. Informasi (V18)
Informasi adalah fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan seperti penunjuk jalan, keterangan atau deskripsi tempat.












D.   Pengukuran Variabel

Jumlah semua pengunjung / wisatawan yang datang pada tanggal  11 september 2011, dan 10 orang diantaranya dijadikan sampel penelitian (responden) yang dipilih secara acak, kemudian melalui lembar pertanyaan (questionaire) mereka diminta untuk menyampaikan pendapatnya tentang hal-hal yang terkait dengan pelayanan, sarana prasarana, obyek dan daya tarik wisata kampung Prawirotaman.
 Dari jawaban atau pernyataan responden yang dibuat, kemudian di hitung nilai skornya per responden dan per jenis variabel bebasnya. Untuk keperluan analisis data, dari jumlah nilai skor yang diperoleh berdasarkan jenis variabel bebasnya, nilai tersebut dibuat nilai berdasarkan jumlah responden yang di ambil pada saat itu, kemudian data nilai skoring tersebut dikalikan frekuensi atau jumlah dan dibuat prosentase-prosentase. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala righter dan analisis deskriptif seperti berikut :

Score 1
Score 2
Score 3
Score 4
Score 5


Dimana setiap skor tersebut memiliki nilai seperti berikut:
Skor 1           : Sangat buruk
Skor 2            : Buruk
Skor 3            : Cukup
Skor 4            : Baik
Skor 5            : Sangat baik



Kemudian nilai tersebut dikalikan frekuensi dan di buat prosentase dengan rumus sebagai berikut: 

F x 100%  = Nilai dalam persen
*R x *V

Keterangan:

F = Frekuensi skor yang muncul

*R = Jumlah Responden

*V = Jumlah variable (v1+v2 dan seterusnya sampai v18)

? : Belum pernah mencoba atau menggunakan fasilitas.


Hasil dalam prosentase terbanyak mencerminkan gambaran umum persepsi wisatawan terhadap kualitas daya tarik kampung prawirotaman.








E.   Analisis Data

Setelah melakukan kuisioner maka kami mendapatkan data sebagai berikut.


                                            RESPONDEN




VARIABEL
R1
R 2
R 3
R 4
R 5
R 6
R 7
R 8
R 9
R 10
V 1
 3
 3
 4
3
 4
V 2
 4
 3
 4
 4
 3
3
 4
 4
 4
 4
V 3
 4
 3
 4
 3
 3
4
 4
 5
 4
 4
V 4
 3
 4
 4
 4
 4
4
 4
 4
 4
 3
V 5
 5
 4
 3
 4
 5
 4
 3
 4
 3
 3
V 6
 5
 3
 4
 4
 3
 3
 3
4
4
4
V 7
 5
 4
 4
 4
 4
 4
 4
4
4
4
V 8
 4
 5
 4
 4
 5
 4
 4
4
 4
 4
V 9
 3
 4
 4
 3
 3
 3
 4
3
 3
 3
V 10
 4
 4
 4
 4
 4
 4
 4
4
 4
 4
V 11
 5
 5
 5
 5
 4
 5
 4
 5
 5
4
V 12
 4
 5
 4
 5
 4
 4
 4
 4
 4
4
V 13
 ?
 4
 4
 4
 4
 4
 3
 4
 4
 4
V 14
 4
 4
 4
 4
 4
 4
 4
 4
 3
 4
V 15
 3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
 3
V 16
 3
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
V 17
 4
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
 ?
V18
 5
 4
 5
 4
 4
 4
 3
4
 4
 4

? : Belum pernah mencoba atau menggunakan fasilitas.


Hasil skoring data yang didapatkan sebagai berikut:

Skor
Frekuensi
Skor 1
0
Skor 2
0
Skor 3
41
Skor 4
102
Skor 5
18
Tidak tahu (?)
19

F x 100%  = Nilai dalam persen
*R x *V

Skor 1 = tidak ada (0)

Skor 2 = tidak ada (0)

Skor 3 = 41 x 100% = 4100 = 22.78%
                10 x 18           180

Skor 4 = 102 x 100% = 10200 = 56.67%
                10 x 18             180

Skor 5 = 18 x 100% = 1800 = 10%
                10 x 18           180

Belum mencoba (?)         = 19 x 100% = 1900 = 10.55%
                                                    10 x 18          180

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis  tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi wisatawan mengenai daya tarik kampung Prawirotaman tersebut sebagai berikut.
1.    A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman sangat buruk tidak ada (0%).
B. Pembahasan
Tidak ada wisatawan yang berpendapat bahwa kondisi daya tarik kampung Prawirotaman sangat buruk, dikarenakan sudah memenuhi kriteria yaitu aspek keunikan dan keindahan.

2.    A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman  buruk tidak ada (0%).
B. Pembahasan
Tidak ada wisatawan yang berpendapat bahwa kondisi daya tarik kampung Prawirotaman buruk, dikarenakan sudah memenuhi kriteria yaitu aspek keunikan dan keindahan.











3.    A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan kondisi cukup/biasa saja sejumlah (22.78%).
B. Pembahasan
Wisatawan sejumlah 22.78% mengatakan biasa karena mereka telah mengunjungi kampung wisata serupa seperti Sosrowijayan, dengan daya tarik dan fasilitas yang hampir sama.

4.    A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman baik/layak sebagai kampung wisata sejumlah (56.67%).
B. Pembahasan
Wisatawan sejumlah 56.67% mengatakan layak karena daya tarik dan fasilitas Kampung Prawirotaman sudah dapat memenuhi  kebutuhan dan keinginan wisatawan/ standar dengan fasilitas.


5.    A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman sangat baik sebagai kampung wisata sejumlah (10%).
B. Pembahasan
Wisatawan sejumlah 10% mengatakan sangat baik karena kemungkinan besar mereka belum pernah mencoba berwisata di kampung yang serupa dengan Kampung Prawirotaman dan  daya tarik dan fasilitas Kampung Prawirotaman sudah dapat memenuhi  kebutuhan dan keinginan wisatawan.

6.    A. Hasil Penelitian
Yang tidak tahu atau belum pernah mencoba fasilitas-fasilitas yang disediakan di kampung Prawirotaman sebesar (10.55%).
B. Pembahasan
Wisatawan sejumlah 10.55% belum pernah mencoba fasilitas-fasilitas yang disediakan di kampung Prawirotaman, dikarenakan promosi dalam variabel Yoga dan Homestay sangat kurang dan juga fasilitas ini tergolong baru.






















BAB V
KESIMPULAN SARAN DAN IMPLIKASI

A.   KESIMPULAN

Dari hasil penilaian 5 kategori potensi daya tarik wisata di kampung Prawirotaman, secara keseluruan hasil yang di dapat adalah 89,45% didapat dari hasil pengkatergorian cukup sampai dengan sangat baik dalam skala lighter skor 3-5 (22.78% + 56.67% + 10%)
           
Adapun hasil tersebut menunjukan potensi yang tinggi untuk dikembangkan lagi dengan suatu kegiatan wisata yang tentunya kekuatan daya tarik kampung Prawirotaman tersebut dikategorikan layak sebagai destinasi tujuan wisata.


B.   SARAN

Tingkatkan promosi pada fasilitas yoga dan home stay karena fasilitas tersebut belum diketahui oleh mayoritas responden atau wisatawan dari 10 responden, hanya 1 orang yang pernah mencoba fasilitas tersebut (lihat analisis data).








DAFTAR PUSTAKA


Diktat kuliah Analisis Daya Tarik  Wisata Program Studi STRATA-1 Jurusan Hospitality
id.answer.yahoo.com

i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=7396 (14/11/2011)

James Spillane, DR, 1987, PariwisataIndonesia: Sejarah dan Prospeknya, Kanisius, Yogyakarta

Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
silahudin66.blogspot.com
wikkipedia.com




LAMPIRAN
*Contoh Form Kuisioner

NAME                                    :   ________________

NATIONALITY          :   ________________
Attractions in Prawirotaman
 Score 1
Score 2
Score 3
Score 4
Score 5
1. Villages uniqueness





2. Clean







3. People's Hospitality





4. Comfortable






5. Art Gallery














Quality Of Foods






1. Uniqueness






2. Taste















Facility







1. Hotel







2. Restaurant






3. Night Clubs






4. Spa







5. Book store






6. Yoga







7. Home Stay














Quality Of Service






1. Service







2. Provider's Hospitality





3. Safety







4. Information









SAMPEL PENELITIAN
NAME                :
 PATRICK





















NATIONALITY :
JERMAN





















Attractions in Prawirotaman
 Score 1
Score 2
Score 3
Score 4
Score 5
1. Villages uniqueness


X


2. Clean





X

3. People's Hospitality



X

4. Comfortable



X


5. Art Gallery





X








Quality Of Foods






1. Uniqueness





X
2. Taste






X








Facility







1. Hotel






X
2. Restaurant




X

3. Night Clubs

?
?
?
?
?
4. Spa





X

5. Book store



X


6. Yoga




X


7. Home Stay




X









Quality Of Service






1.Service





X

2. Provider’s Hospitality


X


3. Safety





X

4. Information





X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar