KATA
PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah tentang “Analisis Daya Tarik Kampung Prawirotaman ” ini tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Pada
kesempatan ini kami ingin mengucapakan terima kasih kepada:
- Dosen pembimbing mata kuliah Pemasaran Jasa, Ali Hasan SE., MM atas bimbingannya selama kuliah berlangsung.
- Semua pihak yang telah ikut terlibat dalam penyusunan makalah ini.
Kami
selaku penulis menyadari bahwa dalam menulis makalah ini masih banyak terdapat
kekurangan dan kesalahan, sehingga kami sangat mengharapkan segala saran dan
kritik yang membangun agar dalam penyusunan makalah selanjutnya dapat lebih
baik lagi.
Akhir
kata kami berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi semua dan membantu
dalam proses belajar mengajar.
Yogyakarta, 22 November 2011
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR
ISI..................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang..................................................................................1
2. Batasan
Masalah..............................................................................3
3. Rumusan
Masalah............................................................................3
4. Tujuan...............................................................................................3
BAB II KONSTRUKSI
TEORITIS DAN HIPOTESIS
1. Landasan
Teori………………………………………...........................4
2. Dukungan
Riset sebelumnya…….....................................................6
3.
Hipotesis……………………..............................................................7
BAB III
METODE PENELITIAN
1. Lokasi
dan Waktu Penelitian………..................................................8
2. Populasi
dan Sampel Penelitian………............................................8
3. Variabel
Penelitian……….................................................................9
4. Pengukuran
Variabel………...........................................................13
5. Analisis
Data………........................................................................15
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1. Hasil
Penelitian dan Pembahasan………...……...……….…….......17
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN IMPLIKASI
1. Kesimpulan dan Saran Implikasi………………………..…..…..…...20
1. Kesimpulan dan Saran Implikasi………………………..…..…..…...20
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Salah
satu ciri berkembangnya pariwisata di suatu
negara adalah dengan
banyaknya wisatawan asing yang masuk ke negara tersebut. Dengan adanya
wisatawan asing yang masuk, maka akan terjadi pembangunan sarana dan prasarana
pariwisata yang bertujuan
untuk memfasilitasi wisatawan yang berkunjung. Salah satunya dengan pembangunan
hotel sebagai sarana akomodasi.
Keberadaan
hotel di suatu kawasan tentunya memberikan dampak bagi pengelola dan warga yang
tinggal disekitarnya. Dampak tersebut dapat berupa dampak negatif dan dampak
positif. Dampak yang dirasakan warga sekitar mungkin tidak sebesar dampak yang
dirasakan pengelola, namun dampak tersebut tetap berpengaruh terhadap warga.
Dengan melihat dampak positif yang didapat oleh pengelola hotel, banyak warga
yang mulai berminat untuk membuka hotel atau penginapan.
Dengan banyaknya
warga yang membuka jasa penginapan di kawasan yang sama, maka pilihan akomodasi
bagi wisatawan pun semakin
beragam. Dan lama kelamaan kawasan tersebut dipenuhi oleh penginapan. Salah satu kawasan yang berkembang dengan penginapan yang
banyak adalah kampung Prawirotaman. Kampung tersebut terkenal hingga
mancanegara dan sebagian besar tamu yang menginap di penginapan-penginapan
tersebut adalah tamu mancanegara. Banyak tamu mancanegara yang menginap di
Kampung Prawirotaman karena daerah ini sudah terkenal sejak dulu sebagai kampung
turis. Citra atau daya
tarik prawirotaman sebagai kampung turis membuat banyak turis lain juga
tertarik untuk menginap disana karena sudah ada komunitas turis asing disana.
Maka dari itu dalam
makalah ini, kami akan membahas tentang persepsi
wisatawan terhadap daya tarik kampung wisata Prawirotaman.
B.
Batasan
Masalah
Dalam makalah ini,
kami membatasi masalah pada persepsi wisatawan
terhadap daya tarik meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis Prawirotaman.
C.
Rumusan
Masalah
Bagaimanakah
persepsi wisatawan terhadap daya tarik yang
meliputi atraksi dan amenitas di kampung turis
Prawirotaman?
D.
Tujuan
Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi wisatawan terhadap daya tarik meliputi atraksi
dan amenitas di kampung turis Prawirotaman.
BAB
II
KONSTRUKSI
TEORITIS DAN HIPOTESIS
A.
Landasan
Teori
Desa wisata
Adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi,
akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan
masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. (Nuryanti,
Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan
Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya.Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press. Hal. 2-3)
Atraksi
Atraksi
adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai yang berupa
keanekaragaman, kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi
sasaran atau tujuan kunjungan wisata.(Jonet, 2011 : 7)
Amenitas
Amenitas merupakan sarana dan prasarana yang menunjang
kegiatan pariwisata. (Jonet, 2011 : 18)
Sarana adalah fasilitas dan perusahaan yang memberikan
pelayanan kepada wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung. (Jonet, 2011
: 19)
Prasarana adalah segala bentuk fasilitas utama, fasilitas
pokok atau fasilitas paling mendasar yang mendukung sarana kepariwisataan dapat
hidup dan berkembang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para wisatawan. (Jonet,
2011 : 19)
B.
Dukungan
riset sebelumnya
Studi Terhadap
Kampung Wisata Prawirotaman, Yogyakarta
Oleh : Retno
Kumolohadi*), Nugroho Dwi Priyohadi*), Th. Agung M.
Harsiwi**)
Dari penelitian itu dapat dilihat bahwa perkembangan
kampung prawirotaman dapat dikatakan sangat pesat karena aspek lokasi yang
berdekatan dengan pusat kota. Kampung prawirotaman juga di untungkan dari segi
historis, yaitu bekas perkampungan pengusaha batik. Pada awalnya industri batik
hancur, lalu berkembang usaha guest house
dan usaha penunjang pariwisata lainnya, dan pada akhirnya usaha batik tumbuh
lagi sebagaia salah satu aset penting yang menjadi daya tarik kampung
Prawirotaman.
C.
Hipotesis
Persepsi yang dimiliki wisatawan terhadap kualitas daya
tarik adalah salah satu faktor utama yang paling menentukan motivasi wisatawan
untuk mengunjungi suatu destinasi wisata. Daya tarik wisata kampung Prwirotaman yang semakin meningkat akan membawa dampak baik yang sejalan dengan
peningkatan kunjungan wisatawan di kampung wisata tersebut. Maka dari itu kami
berhipotesis bahwa “Kualitas daya tarik wisata mempengaruhi wisatawan untuk
berkunjung ke kampung Prawirotaman”.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Lokasi
dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di kampung
turis Prawirotaman, kecamatan Mergangsan, Yogyakarta dengan obyek penelitian
adalah para pengunjung / wisatawan yang datang ke kampung Prawirotaman.
Mengingat waktu dan dana yang terbatas, maka untuk memenuhi kebutuhan data
primer sebagai data dasar dalam menganalisis, maka pengumpulan data primer
dilakukan pada tanggal pada hari Jumat 11 Novemer 2011 pada pukul 09.00-14.00
WIB.
B.
Populasi
dan Sampel Penelitian
1. Populasi
Semua
pengunjung / wisatawan
yang datang ke kampung turis Prawirotaman pada
tanggal 11 september 2011.
2. Sampel penelitian
Sejumlah 10 wisatawan (responden) yang dipilih secara acak.
C.
Variabel
Penelitian
Variabel
mengandung pengertian ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu
kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lain. Pengertian
lain bahwa variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau
ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang sesuatu
konsep tertentu.
Dalam
penelitian atraksi wisata
di kampung Prawirotaman, kami menggunakan variabel sebagai berikut :
1.
Keunikan Kampung (V1)
Keunikan adalah kelangkaan, kekhasan daya tarik wisata
yang tidak memiliki kesamaan karakter(Jonet : 2007)
Keunikan kampung adalah kelangkaan, kekhasaan daya tarik
kampung yang tidak dimiliki kampung lain.
2.
Kebersihan (V2)
Kebersihan adalah salah satu tanda dari hygiene yang baik(wikkipedia.com).
3.
Keramahan Warga (V3)
Keramahan adalah sikap bersahabat yang ditunjukan warga
setempat kepada kepada wisatawan.
4.
Kenyamanan (V4)
Kenyamanan adalah rasa dimana seseorang merasa tenang,
berada di dalamnya(id.answer.yahoo.com).
5.
Galeri Seni (V5)
Galeri Seni adalah tempat yang digunakan untuk memamerkan
dan menjual hasil karya seni. Kriteria yang digunakan untuk skoring meliputi
kwalitas dari galeri seni tersebut.
6.
Keunikan Makanan (V6)
Keunikan adalah kelangkaan, kekhasan daya tarik wisata
yang tidak memiliki kesamaan karakter(Jonet : 2007).
Keunikan makanan adalah kekhasan makanan yang tidak dapat
ditemui di kampung lain yang mencerminkan kekhasan di kampung tersebut.
7.
Rasa Makanan (V7)
Kriteria dalam skoring penelitian ini meliputi lezat atau
tidaknya makanan yang tersedia di kampung Prawirotaman.
8.
Pelayanan (V8)
Pelayanan adalah aktifitas manfaat yang ditawarkan oleh
organisasi atau perseorangan kepada konsumen(yang dilayani), yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki
(silahudin66.blogspot.com)
Kriteria dalam skoring penelitian dalam meneliti kwalitas
pelayanan adalah kompetensi atau profesionalitas yang diberikan penyedia jasa
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan di kampung prawirotaman.
9.
Keramahan Penyedia Jasa (V9)
Keramahan adalah sikap bersahabat yang ditunjukan
penyedia jasa kepada kepada wisatawan.
10.
Keamanan (V10)
Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya (wikkipedia).
Dalam hal ini keamanan berarti keadaan yang dibutuhkan
wisatawan untuk mendukung kegiatan berwisata di kampung prawirtaman
11.
Hotel (V11)
Suatu usaha yang menyediakan fasilitas penginapan dan
jasa pelayanan lainnya yang dikelola secara komersial(Jonet : 2007).
12.
Restoran (V12)
Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan
minuman yang dikelola secara komersil(Jonet : 2007).
13.
Night Club (V13)
Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan
minuman yang dikelola secara komersil yang dibuka menjelang malam(Jonet : 2007).
14.
Spa (V14)
Fasilitas tempat persinggahan sementara dengan tujuan
memberikan layanan kepada wisatawan untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat(Jonet
: 2007).
15.
Toko Buku (V15)
Industri komersial yang menyediakan jasa penjualan
buku-buku.
16.
Yoga (V16)
Salah satu fasilitas kerbugaran yang terdapat dalam
industri hospitlity yang memberikan terapi pelayanan prefentif melalui senam
yoga.
17.
Home Stay (V17)
Suatu usaha yang menyediakan fasilitas penginapan dan
jasa pelayanan lainnya yang dikelola secara komersial yang memanfaatkan
rumah-rumah warga sekitar.
18.
Informasi (V18)
Informasi adalah fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan
seperti penunjuk jalan, keterangan atau deskripsi tempat.
D.
Pengukuran
Variabel
Jumlah semua pengunjung / wisatawan
yang datang pada tanggal 11 september
2011, dan 10 orang diantaranya dijadikan sampel penelitian (responden) yang dipilih secara acak,
kemudian melalui lembar pertanyaan
(questionaire) mereka diminta untuk
menyampaikan pendapatnya tentang hal-hal yang terkait dengan pelayanan, sarana
prasarana, obyek dan daya tarik wisata kampung Prawirotaman.
Dari jawaban atau pernyataan responden yang
dibuat, kemudian di hitung nilai skornya per responden dan per jenis variabel
bebasnya. Untuk keperluan analisis data, dari jumlah nilai skor yang diperoleh
berdasarkan jenis variabel bebasnya, nilai tersebut dibuat nilai berdasarkan
jumlah responden yang di ambil pada saat itu, kemudian data nilai skoring
tersebut dikalikan frekuensi atau jumlah dan dibuat prosentase-prosentase.
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala righter dan analisis deskriptif seperti
berikut :
Score
1
|
Score
2
|
Score
3
|
Score
4
|
Score
5
|
Dimana
setiap skor tersebut memiliki nilai seperti berikut:
Skor
1 : Sangat buruk
Skor
2 : Buruk
Skor
3 : Cukup
Skor
4 : Baik
Skor
5 : Sangat baik
Kemudian nilai tersebut dikalikan
frekuensi dan di buat prosentase dengan rumus sebagai berikut:
F
x
100% = Nilai dalam persen
*R x *V
Keterangan:
F = Frekuensi skor yang muncul
*R
= Jumlah
Responden
*V = Jumlah variable (v1+v2 dan seterusnya sampai
v18)
? : Belum pernah mencoba atau menggunakan fasilitas.
Hasil dalam prosentase terbanyak
mencerminkan gambaran
umum persepsi wisatawan terhadap kualitas daya tarik kampung prawirotaman.
E.
Analisis
Data
Setelah
melakukan kuisioner maka kami mendapatkan data sebagai berikut.
|
RESPONDEN
|
|
|
|
|
|||||
VARIABEL
|
R1
|
R 2
|
R 3
|
R 4
|
R 5
|
R 6
|
R 7
|
R 8
|
R 9
|
R 10
|
V 1
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
V 2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
V 3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
V 4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
V 5
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
V 6
|
5
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
V 7
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
V 8
|
4
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
V 9
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
V 10
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
V 11
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
5
|
5
|
4
|
V 12
|
4
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
V 13
|
?
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
V 14
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
V 15
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
V 16
|
3
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
V 17
|
4
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
V18
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
? : Belum pernah mencoba atau menggunakan fasilitas.
Hasil skoring data yang didapatkan sebagai berikut:
Skor
|
Frekuensi
|
Skor 1
|
0
|
Skor 2
|
0
|
Skor 3
|
41
|
Skor 4
|
102
|
Skor 5
|
18
|
Tidak tahu (?)
|
19
|
F
x
100% = Nilai dalam persen
*R x *V
Skor 1 = tidak ada (0)
Skor 2 = tidak ada (0)
Skor 3 =
41 x
100% = 4100 = 22.78%
10 x 18 180
Skor 4
= 102 x
100% = 10200 = 56.67%
10 x 18 180
Skor 5
= 18 x
100% = 1800 = 10%
10 x 18 180
Belum mencoba (?) = 19 x 100% =
1900
= 10.55%
10 x 18 180
BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan data
yang diperoleh dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa persepsi wisatawan mengenai daya
tarik kampung Prawirotaman tersebut sebagai berikut.
1. A.
Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan
kondisi kampung
Prawirotaman sangat buruk tidak ada
(0%).
B.
Pembahasan
Tidak ada wisatawan yang berpendapat bahwa
kondisi daya tarik kampung Prawirotaman sangat buruk, dikarenakan sudah
memenuhi kriteria yaitu aspek keunikan dan keindahan.
2. A.
Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan yang mencerminkan
kondisi kampung
Prawirotaman buruk tidak ada (0%).
B. Pembahasan
Tidak ada wisatawan yang berpendapat
bahwa kondisi daya tarik kampung Prawirotaman buruk, dikarenakan sudah memenuhi
kriteria yaitu aspek keunikan dan keindahan.
3.
A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan
yang mencerminkan kondisi cukup/biasa
saja sejumlah (22.78%).
B. Pembahasan
Wisatawan
sejumlah 22.78% mengatakan biasa karena mereka telah mengunjungi kampung
wisata serupa seperti Sosrowijayan, dengan daya tarik dan fasilitas yang hampir
sama.
4.
A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan
yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman baik/layak sebagai kampung wisata
sejumlah (56.67%).
B. Pembahasan
Wisatawan sejumlah 56.67% mengatakan layak karena daya tarik dan fasilitas Kampung
Prawirotaman sudah dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan wisatawan/ standar dengan fasilitas.
5.
A. Hasil Penelitian
Persepsi wisatawan
yang mencerminkan kondisi kampung Prawirotaman sangat baik sebagai kampung wisata sejumlah
(10%).
B. Pembahasan
Wisatawan
sejumlah 10%
mengatakan sangat baik karena kemungkinan besar mereka belum pernah mencoba
berwisata di kampung yang serupa dengan Kampung Prawirotaman dan daya tarik dan fasilitas Kampung Prawirotaman
sudah dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan wisatawan.
6.
A. Hasil Penelitian
Yang tidak tahu atau belum pernah mencoba
fasilitas-fasilitas yang disediakan di kampung Prawirotaman sebesar (10.55%).
B. Pembahasan
Wisatawan
sejumlah 10.55% belum pernah mencoba fasilitas-fasilitas yang disediakan
di kampung Prawirotaman, dikarenakan promosi dalam variabel Yoga dan Homestay
sangat kurang dan juga fasilitas ini tergolong baru.
BAB
V
KESIMPULAN
SARAN DAN IMPLIKASI
A.
KESIMPULAN
Dari hasil penilaian 5 kategori potensi daya tarik wisata di
kampung Prawirotaman, secara keseluruan hasil yang di
dapat adalah 89,45% didapat dari hasil pengkatergorian cukup sampai dengan
sangat baik dalam skala lighter skor 3-5 (22.78% + 56.67% + 10%)
Adapun hasil tersebut menunjukan potensi yang tinggi untuk
dikembangkan lagi dengan suatu
kegiatan wisata yang tentunya kekuatan daya tarik kampung Prawirotaman tersebut dikategorikan layak sebagai
destinasi tujuan
wisata.
B.
SARAN
Tingkatkan
promosi pada fasilitas yoga dan home stay
karena fasilitas tersebut belum diketahui oleh mayoritas responden
atau wisatawan dari 10 responden,
hanya 1 orang yang pernah mencoba fasilitas tersebut (lihat analisis data).
DAFTAR
PUSTAKA
Diktat kuliah Analisis Daya Tarik Wisata Program Studi STRATA-1 Jurusan
Hospitality
id.answer.yahoo.com
i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=7396
(14/11/2011)
James
Spillane, DR, 1987, PariwisataIndonesia: Sejarah dan Prospeknya,
Kanisius, Yogyakarta
Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept,
Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi
Internasional mengenai Pariwisata Budaya.Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
silahudin66.blogspot.com
wikkipedia.com
LAMPIRAN
*Contoh Form
Kuisioner
NAME : ________________
NATIONALITY : ________________
Attractions in Prawirotaman
|
Score 1
|
Score 2
|
Score 3
|
Score 4
|
Score 5
|
||
1. Villages uniqueness
|
|||||||
2. Clean
|
|
|
|||||
3. People's Hospitality
|
|||||||
4. Comfortable
|
|
||||||
5. Art Gallery
|
|
||||||
|
|
||||||
Quality Of Foods
|
|
||||||
1. Uniqueness
|
|
||||||
2. Taste
|
|
|
|||||
|
|
|
|||||
Facility
|
|
|
|||||
1. Hotel
|
|
|
|||||
2. Restaurant
|
|
||||||
3. Night Clubs
|
|
||||||
4. Spa
|
|
|
|||||
5. Book store
|
|
||||||
6. Yoga
|
|
|
|||||
7. Home Stay
|
|
||||||
|
|
|
|||||
Quality Of Service
|
|
||||||
1. Service
|
|
|
|||||
2. Provider's Hospitality
|
|||||||
3. Safety
|
|
|
|||||
4. Information
|
|
SAMPEL PENELITIAN
NAME :
|
PATRICK
|
|
|
||||
NATIONALITY :
|
JERMAN
|
|
|
||||
Attractions in Prawirotaman
|
Score 1
|
Score 2
|
Score 3
|
Score 4
|
Score 5
|
||
1. Villages uniqueness
|
|
X
|
|
|
|||
2. Clean
|
|
|
|
|
|
X
|
|
3. People's Hospitality
|
|
|
|
X
|
|
||
4. Comfortable
|
|
|
|
X
|
|
|
|
5. Art Gallery
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|||||
Quality Of Foods
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Uniqueness
|
|
|
|
|
|
X
|
|
2. Taste
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Facility
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Hotel
|
|
|
|
|
|
|
X
|
2. Restaurant
|
|
|
|
|
X
|
|
|
3. Night Clubs
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
4. Spa
|
|
|
|
|
|
X
|
|
5. Book store
|
|
|
|
X
|
|
|
|
6. Yoga
|
|
|
|
|
X
|
|
|
7. Home Stay
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Quality Of Service
|
|
|
|
|
|
|
|
1.Service
|
|
|
|
|
|
X
|
|
2. Provider’s Hospitality
|
|
|
X
|
|
|
||
3. Safety
|
|
|
|
|
|
X
|
|
4. Information
|
|
|
|
|
|
X
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar