Jumat, 30 November 2012

RESPON KONSUMEN TERHADAP STRATEGI KEBIJAKAN DAN TAKTIK ANGKRINGAN KANG SRONTO


 

 DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................
BABI PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................ 1
B.    Batasan Masalah........................................................................  2
C.   Rumusan Masalah...................................................................     2
D.   Tujuan Penelitian........................................................................  2
BAB II KONSTRUKSI TEORITIS DAN HIPOTESIS
A.    Landasan Teori………………………………………......................          3
B.    Hipotesa  Sementara …….......................................................               5

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Lokasi dan Waktu Penelitian………............................................           6
B.    Populasi dan Sampel Penelitian………......................................            6
C.   Variabel Penelitian………..........................................................             6
D.   Pengukuran Variabel………......................................................             7

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN
A.    Profil Perusahaan Angkringan Kang Sronto.……...……….…….....        9
B.    Data Responden / Segmen Pasar .................................................        10
C.   Analisa Keefektifan Strategi Promosi ............................................        11
D.   Perolehan data hasil survey kepada 17 responden pada tanggal
27 September 2012 di Angkringan Kang Sronto............................      13

BAB V KESIMPULAN
            Kesimpulan................................………………………..…..…..…...      15
SUMBER DATA
            Sumber Data....................................................................................  16
LAMPIRAN
            Lampiran...........................................................................................   17




BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
Beberapa tahun terakhir ini tingkat perkembangan dunia bisnis kafe sangat cepat dan membuat pihak-pihak yang terlibat didalamnya harus bekerja keras agar keberadaanya tetap diakui oleh pelanggan mereka.
Setiap perusahaan yang didirikan pada dasarnya sudah mempunyai visi-misi, strategi kebijakan dan taktik  yang akan diterapkan untuk mencapai suatu hasil yang maksimal, yaitu berupa keuntungan dan pangsa pasar yang luas. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh strategi manajemen yang tepat terutama dalam kegiatan pemasaran.
Tidak semua strategi kebijakan dan taktik yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat memuaskan konsumen. Suatu strategi pemasaran yang kurang tepat, akan mengakibatkan konsumen tidak puas sehingga berdampak pada rendahnya pemasukan/profit yang diperoleh perusahaan. Untuk menanggulangi hal tersebut suatu perusahaan harus menerapkan strategi kebijakan dan taktik yang tepat, agar pengunjung puas terhadap kualitas pelayanan perusahaan, sehingga keuntungan perusahaan meningkat mulai dari mendapatkan pangsa pasar, bertambahnya pangsa pasar, serta bertambahnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.
Untuk memberikan gambaran nyata dalam penerapan strategi kebijakan dan taktik perusahaan, kami memilih Angkringan Kang Sronto untuk dijadikan bahan penelitian mengenai respon konsumen terhadap penerapan strategi, kebijakan dan taktik perusahaan tersebut dalam hal promosi, produk dan pelayanan.

B.   Batasan Masalah
Dalam makalah ini, Kami membatasi masalah dalam ruang lingkup strategi, kebijakan dan taktik dalam 2 unsur pemasaran yaitu produk (kwalitas pelayanan) dan promosi yang diterapkan pengelola Angkringan Kang Sronto .

C.   Rumusan Masalah
1.    Apakah strategi / taktik promosi yang di terapkan oleh pengelola Angkringan Kang Sronto sudah efektif ?.
2.    Bagaimanakah respon konsumen terhadap strategi, kebijakan dan taktik pemasaran yang dilakukan pengelola Angkringan Kang Sronto?.


D.   Tujuan Penelitian
Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan peneliti dapat :
1.    Mengetahui seberapa keefektifan strategi, kebijakan dan taktik promosi yang diterapkan Angkringan Kang Sroto.
2.    Bagaimanakah respon konsumen terhadap strategi, kebijakan dan taktik pemasaran yang dilakukan pengelola Angkringan Kang Sronto?.
3.    Diharapkan dapat memberi sumbangsih terhadap ilmu pariwisata dan saran kepada pengelola Angkringan Kang Sronto.







BAB II
KONSTRUKSI TEORITIS DAN HIPOTESIS

A.   Landasan teori
1.    Strategi
Strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar / Doing the right things. (Agustinus, 1996 : 16).
Untuk meningkatkan profit dan market share bulan ini pengelola Angkringan Kang Sronto mengambil strategi sebagai berikut :
a.    Perluasan media promosi.
b.    Meningkatkan kwalitas produk dan pelayanan.

2.    Taktik
Taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar / Doing the thing right. (Agustinus, 1996 : 16).
a.    Taktik dalam perluasan media promosi yang dilakukan pengelola Angkringan Kang Sronto dengan cara:
1.    Penyebaran info ke setiap komunitas motor, yang dulunya diundang dalam grand opening dan diharapkan menjadi patner dalam kegiatan promosi.
2.    Dengan media online misalnya membuka website, akun facebook, twiter dan lain-lain.
3.    Menyebar brosur.
b.    Taktik / kebijakan meningkatkan kwalitas produk dan pelayanan yang dilakukan pengelola Angkringan Kang Sronto antara lain:
1.    Porsi makanan lebih banyak dari kafe lain, harga lebih murah disajikan lebih menarik dengan menu khas Jogja.
2.    Rasa makanan yang enak diolah dengan bahan pilihan berkualitas.
3.    Layout kafe didesain cocok untuk santai.
4.    Pelayanan dilakukan oleh pelayan muda yang ramah.
3.    Kebijakan
Kebijakan(policy) adalah suatu pegangan yang akan digunakan untuk menjalankan dan mengontrol operasional perusahaan agar tetap konsisten pada tujuan dan sasarannya. Kebijakan sering disebut juga dengan Standart Operating Procedures, akan meningkatkan keefektifan karyawan dengan cara menstandarisasi keputusan-keputusan rutin. (Agustinus, 1996 : 135).


















B.   Hipotesa Sementara

Dalam penelitian ini kami berhipotesis bahwa “strategi, kebijakan dan taktik perusahaan yang baik akan berbanding lurus dengan respon positif konsumen”.




















BAB III
METODE PENELITIAN
                                                                                

A.   Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di angkringan Kang Sronto, Yogyakarta dengan obyek penelitian adalah para konsumen yang datang ke angkringan Kang Sronto. Mengingat waktu dan dana yang terbatas, maka untuk memenuhi kebutuhan data primer sebagai data dasar dalam menganalisis, maka pengumpulan data primer dilakukan pada tanggal 27-28 September 2012, mulai dari pukul 18.00 – 24.00 WIB.


B.   Populasi dan Sampel Penelitian

1.    Populasi
Semua konsumen yang datang ke Angkringan Kang Sronto pada tanggal 27-28 September 2012.

2.    Sampel penelitian
Sejumlah 17 konsumen (responden).

C.   Variabel Penelitian
Variabel mengandung pengertian ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lain. Pengertian lain bahwa variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang sesuatu konsep tertentu.
Dalam penelitian mengenai respon terhadap strategi kebijakan dan taktik pemasaran di Angkringan Kang Sronto ini, kami menggunakan variabel sebagai berikut :
1.    Variabel Penelitian Dalam Hal Promosi
A.    Media Online                    
B.    Brosur    
C.   Info sesama komunitas   
D.   Sumber lainnya

2.    Kualitas Produk&Kualitas Pelayanan
A.    Porsi makanan lebih banyak dari cafe lain          (V1)
B.    Rasa makanan lebih enak dari cafe lain              (V2)
C.   Makanan disajikan dengan lebih menarik            (V3)
D.   Harga makanan lebih terjangkau                         (V4)
E.    Suasana cafe cukup menarik                              (V5)
F.    Tempat dan peralatan bersih                                (V6)
G.   Tempat nyaman                                                   (V7)
H.   Pelayanan yang ramah                                        (V8)

D.   Pengukuran Variabel
Jumlah semua responden yang datang pada tanggal  27-28 September 2012, dan 17 orang diantaranya dijadikan sampel penelitian (responden), kemudian melalui lembar pertanyaan (questionaire) mereka diminta untuk mengisi kuisioner tentang kebijakan strategi dan taktik Angkringan Kang Sronto.
Dari jawaban atau pernyataan responden yang dibuat, kemudian di hitung nilai skornya per responden dan per jenis variabel bebasnya. Untuk keperluan analisis data, dari jumlah nilai skor yang diperoleh berdasarkan jenis variabel bebasnya, nilai tersebut dibuat berdasarkan jumlah responden yang di ambil pada saat itu, kemudian data nilai skoring tersebut dikalikan frekuensi atau jumlah dan dibuat prosentase-prosentase. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala righter dan analisis deskriptif seperti berikut :


1
2
3
4
Sangat setuju
Setuju
Kurang setuju
Tidak setuju


Kemudian nilai tersebut dikalikan frekuensi dan di buat prosentase dengan rumus sebagai berikut: 


F  × 100 %   = …… %
         (  ∑ n   )



Keterangan :
F      = Frekuensi
∑ n   = Jumlah data / banyaknya data

1.    Prosentase dari skor 1 dan 2 menggambarkan respon positif konsumen terhadap strategi, kebijakan dan taktik pemasaran / promosi angkringan Kang Sronto.
2.    Prosentase dari skor 3 dan 4 menggambarkan respon negatif konsumen terhadap strategi, kebijakan dan taktik pemasaran / promosi angkringan Kang Sronto.










BAB IV
ANALISA DAN PEMBAHASAN

A.   Profil Perusahaan Angkringan Kang Sronto

Berawal dari suatu komunitas motor yang ingin berwirausaha dan agak melenceng dari dunia otomotif, munculah ide untuk menciptakan tempat untuk kumpul-kumpul antar sesama komunitas. Maka dari itu, terfikirkan gagasan untuk membuat kafe. Kafe angkringan “Kang Sronto” mulai dibangun pada pertengahan Maret hingga akhir Juni. Namun tidak langsung beroperasi karena kurangnya persiapan dan saat itu “Angkringan Kang Sronto” hanya terpakai sebagai tempat sharing-sharing antar sesame komunitas motor. Pada pertengahan Juli, angkringan “Kang Sronto” mulai beroperasi layaknya kafe pada umumnya. Tepatnya pada tanggal 11 Juli 2012 angkringan “Kang Sronto” mulai soft opening dengan sasaran awal  adalah para anggota komunitas motor hingga sekarang pasarnya sudah meluas dan mulai beragam seperti pelajar / mahasiswa, pegawai swasta, PNS dan lain-lain.

Tempat ini seperti juga kafe pada umumnya,namun menu yang tersedia layaknya angkringan dengan makanan khas jogja beserta menu-menu eksklusif lainnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, pengunjung dapat menikmati suasana selayaknya kafe-kafe lainya. Angkringan “Kang Sronto”juga menawarkan berbagai macam kopi. Kopi yang ditawarkan sangat beragam. Antara lain kopi Bengkulu, kopi Aceh, kopi kacang hijau, kopi Sulawesi, dan masih banyak lagi macam kopi yang ditawarkan di tempat ini.

Dalam hal promosi Angkringan Kang Sroto mengusung brand “harga kaki lima kualitas bintang lima”  dalam setiap kegiatan iklanya, baik di media online, brosur, maupun info dari rekan komunitas sepeda motor yang telah menjadi anggota. Kwalitas makanan, suasana tempat mendukung, harga yang terjangkau serta kwalitas pelayanan yang prima merupakan strategi untuk selalu memuaskan setiap pelanggan angkringan Kang Sronto yang datang.

B.   Data Responden/ Segmen Pasar

Data responden yang diambil merupakan gambaran dari segmen pasar dari angkringan Kang Sronto.

PEKERJAAN


Frekuensi

Persentase
Cumulative Percent
Valid
PEGAWAI
4

23.5
23.5
PELAJAR
12

70.6
94.1
LAIN-LAIN
1

5.9
100.0
Responden
17

100.0







Total
17




















  1. Analisa KeefektifanStrategi Promosi
Prosentase responden yang mengetahui iklan / info Angkringan Kang Sronto



Taktik / sarana promosi
Jumlah reponden
Persentase



Media Online
2 Responden
11.8


Info dari komunitas motor


Brosur
12 Responden



0
70.6



0


Tanpa mengetahui  media promosi diatas.
3 Responden
17.6


Total responden
17
100.0










Dari bagan di  atas dapat diketahui bahwa:
1.    70,6% reponden mengetahui Angkringan Kang Sronto melalui info dari Komunitas Motor, maka taktik untuk promosi melalui komunitas motor menjadi taktik yang paling efektif. Hal ini berhasil mendatangkan mayoritas pelanggan, yaitu para biker yang berkumpul dalam suatu komunitas motor se-Indonesia yang mampir ke kota Yogya.

2.    11,8% responden mengetahui Angkringan Kang Sronto melalui media online hal ini efektif untuk menarik pelanggan dari segmen pegawai, anak muda khususnya pelajar / mahasiswa. Sebaiknya promosi melalui media online lebih digencarkan lagi untuk meraih pelanggan yang lebih banyak mengingat hampir semua anak muda saat ini menggunakan fasilitas internet.


3.    0% terlihat di media promosi brosur, sebaiknya taktik promosi ini dievaluasi lagi mengingat media tersebut kurang efektif sebagai sarana promosi di angkringan Kang Sronto.

4.    Sebanyak 17,6 %  responden belum mengetahui info dari media promosi di atas. Sebanyak 82 % respon den mengetahui info dari sarana promosi Angkringan Kang Sronto, danhanya 17,6 % yang tidak mengetahui. Berdasarkan data di atas kami menyimpulkan bahwa strategi perluasan promosi yang dilakukan pengelola sudah cukup efektif untuk menarik konsumen.















D.   Perolehan data hasil survey kepada 17 responden pada tanggal 27 September 2012 di Angkringan Kang Sronto.
Var / Res
v1
v2
v3
v4
v5
v6
v7
v8
1 r
3
2
2
3
1
1
1
1
2 r
3
2
2
3
1
1
1
1
3 r
3
2
2
3
1
2
1
2
4 r
3
3
2
3
1
2
1
1
5 r
3
2
2
3
2
2
1
2
6 r
2
2
1
3
1
1
1
1
7 r
2
2
2
3
1
1
1
2
8 r
3
3
3
3
2
2
2
2
9 r
2
2
1
2
2
2
1
2
10 r
2
1
1
1
1
2
1
1
11 r
2
2
2
2
1
1
1
1
12 r
2
2
3
1
3
2
2
1
13 r
2
2
2
3
2
2
2
2
14 r
3
2
2
3
2
2
2
2
15 r
3
2
2
3
1
1
1
2
16 r
3
2
2
3
1
2
1
1
17 r
3
2
2
4
1
2
1
2

Data tersebut dianalisa dengan rumus perhitungan skor

F  × 100 %   = …… %
         (  ∑ n   )

Keterangan :
F      = frekuensi
∑ n   = jumlah data / banyaknya data
Hasil analisa data :

  1. Skor 1 (sangat setuju)  = 44 x 100 %  = 32.0 %
                                        136
  1. Skor 2 (setuju)             =  64 x 100 % = 47.0 %
          136
  1. Skor 3 (kurang setuju) = 27 x 100 % = 19.9 %
                                      136
  1. Skor 4 (tidaksetuju)   = 1 x 100 %   = 0.8 %
                                  136

Skor
Frekuensi
Presentase
1
44
32,0 %
2
64
47,0 %
3
27
19,9 %
4
1
0,8 %
Total
136
100 %



Dari data diatas terlihat bahwa :
Skor 1 dan 2 yang menggambarkan respon positif konsumen angkringan Kang Sronto sebanyak 79,0 % dengan ini kami berpendapat bahwa strategi, kebijakan dan taktik pemasaran / promosi yang diterapkan pengelola sudah cukup berhasil namun masih harus dievaluasi kembali karena masih ada 20,7 % konsumen / reponden masih memberikan respon negatif.


BAB V
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian ini kami dapat menarik beberapa kesimpulan antara lain:
1.    Strategi / taktik promosi yang dilakukan pengelola sudah cukup efektif untuk menarik konsumen.
2.    Respon konsumen terhadap strategi, kebijakan dan taktik pemasaran yang dilakukan pengelola Angkringan Kang Sronto sudah cukup berhasil karena mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap hal tersebut.
3.    Strategi, kebijakan dan taktik perusahaan (pengelola) Angkringan Kang Sronto baik dan berbanding lurus dengan respon positif konsumenya.




















SUMBER DATA


Survey lapangan dengan menggunakan metode kuisioner.

Wahyudi, Agustinus Sri. 1996. Manajemen Strategik. Jakarta Barat :
            Binarupa Aksara.

Wawancara dengan pengelola Angkringan Kang Sronto, pada tanggal
27 September 2012.

















LAMPIRAN
*FORM KUISIONER
NAMA             :
UMUR             :
PEKERJAAN :           1. PNS           2. SWASTA    3. PELAJAR / MAHASISWA
1. PROMOSI
Darimanakah Anda mengetahui info tentang Angkringan Kang Sronto?
  1. Media Online   B.  Brosur     C. Info sesama komunitas    D. Sumber lainnya
2. KWALITAS PRODUK DAN PELAYANAN
Mutu Makanan
Sangat Setuju
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
  1. Porsi makanan lebih banyak dari cafe lain.




  1. Rasa makanan lebih enak dari cafe lain.




  1. Makanan disajikan dengan lebih menarik.




  1. Harga makanan lebih terjangkau.




Kwalitas Pelayanan
Sangat setuju
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
  1. Suasana cafe cukup menarik.




  1. Tempat dan peralatan bersih.




  1. Tempat nyaman




  1. Pelayanan yang ramah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar